Jumat, 19 Februari 2010

5 hari untuk selamanya,,,

Categories:

5 hari untuk selamanya,hmm ...
maksudnya 5 hari yang membuat banyak hal terungkap, banyak hal yang bisa di pelajari, banyak hal yang mengajarkan arti hidup, banyak hal yang bisa diambil hikmah nya.
dan inilah 5 hal yang ane dapatkan dari 5 hari tanah jawa :

1. KESEDERHANAN
Hal ini yang paling melekat dari sebagaian warga Klaten-Jogja, dari sepanjang perjalanan ane tinggal disana, tak tampak kemewahan yang berarti untuk di agung kan sebagai manusia biasa. sangat.sangat.sangat sederhana. oh yah, 1 hal yang perlu di ketahui, bahwa di kota Klaten tidak ada angkutan umum ( angkot ), mereka menggunakan transportasi sepeda, becak, kereta, motor dan mobil. terpikir bahwa mereka ( warga ) sangat mandiri, tapi gak ada sedikit pun buat mereka memperlihatkan bahwa mereka orang berada, low profile. jika di bandingkan dengan kota-kota yang pernah ane kunjungi, sedidaknya 1 atau 2 orang yang memang risih untuk diliat, maksud nya dengan menggunakan perhiasan berlebihan di sekujur tubuh nya, ber-make-up tebal, HP di gantung atu di tenteng sana-sini.hmm...di kota ini jauh dari hal2 seperti itu. bukan hanya sekedar dari segi material, tapi dari segi perilaku. cara tutur kata mereka dengan logat jawa yang kental. mereka sangat menjaga bahasa tradisonal mereka dengan baik. kalo ane bandingkan dengan tempat ane stay sekarang, bahasa sunda sudah tercampur aduk dengan bahasa-bahasa lain.

2. IKHLAS
Hal ini merupakan hal tersulit untuk di pelajari, dan terdiri dari berbagai aspek. dan yang ane ketahui tentang arti iklas adalah menerima hal/sesuatu dengan tenang, lega, senang hati, apa adanya tanpa suatu paksaan dari pihak manapun. intinya tanpa paksaan, bahkan dari pihak diri kita sendiri. sangkut paut nya dengan ikhlas yang ane dapat kan di klaten-jogja memang tidak terlalu mendalam seperti itu, tapi dari beberapa kejadian dapat di ambil nilai ikhlas itu sendiri. yaitu suatu kejadian dimana saat kita di tawarkan oleh seorang tukang becak, yang siap mengantarkan kita untuk berkeliling jogja, dengan sikon sinar matahari yang sangat terik. bukan hanya sikon yang menjadi tantangan, tapi harga yang mereka terima sangat cukup kurang. bayangkan 5000/becak untuk berkeliling jogja, saat itu rute kita itu ke kota wisata, keraton (buat shalat jumat), pasar burung,jarang antar 1 tempat ke tempat lain cukup jauh loh ! bahkan sang tukang becak itu merasa keberatan jika hanya mengantar sampai pasar burung, karena sebenarnya kita yang merasa tak enak dengan tukang becak itu. tapi yang saya tanggapi rasa ikhlas untuk membawa sang penumpang supaya puas dengan hasil ayunan becak nya.mungkin sang tukang becak itu pun ingin menunjukkan betapa indah dan bagus nya kota dia, sedangkan yang cuma bisa dia lakukan dengan mengantar penumpang dengan becaknya. rasa ikhlas untuk menjadi guide tanpa bayaran mahal.

3. RAMAH
Klaten-Jogja memang terkenal dengan sebutan ramah nya, jangan sungkan untuk bertanya jika tersesat di kota tersebut, pasti anda-anda akan mendapat sapaan yang ramah dan diberikan arahan jika tersesat, bahkan kadang diantarkan sampai tempat tujuan yang anda maksud. belanja di kota itu pun sangat nyaman walaupun di pasar sekalipun, dan disana pun harga nya murah2 loh, ane belanja pagi2 di pasar tradisonal nya, kalo boleh dibandingin dengan harga di bandung, ayam 1kg di sana cuma 8rb dan di bandung ane biasa beli 11rb, sangat signifikan sekaleee...

4. HEMAT
yap, orang-orang sana hidup dengan tidak berlebih-lebihan, memang yang berlebihan itu gak baik. atau kata lain nya yaitu hemat. menggunakan sesuatu seperlunya, bahkan mungkin berkatapun seperlunya, tapi itu disebut pelit yah ??? hmm,,kadang sulit membedakan mana hemat dan pelit, yang pasti yang ane rasakan hal2 tersebut menjadi pelajaran selama Klaten-Jogja.

5. PELIT
maaf.maaf.maaf. banyak yang bilang orang jawa itu pelit. ckckkc,, tapi kalo ane perhatiin sih, memang pelit. hehhee,,tapi mereka pelit karena gak punya penghasilan yang tetap, tapi bagi mereka orang jawa yang sudah mapan dan berpenghasilan tetap, gak pelit kok ! :)

dan sekian hal-hal yang ane dapat sampaikan mengenai oleh2 secara pikiran atau kesimpulan yang di dapat selama liburan di Klaten-Jogja. :)
kalo ada statementyang kurang berkenan, komen-in aja yah !!

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

2 Response to 5 hari untuk selamanya,,,

Anonim
20 Februari 2010 pukul 13.43

hehe, yang ke 4 dan 5 rasis wid :P
btw artinya judul "3 hari untuk selamanya" itu toh..baru ngeh juga ane :P

20 Februari 2010 pukul 18.19

iyah sih, tadi nya ma ane gak akan di tulis, tapi emang itu yang di rasakan waktu kita di klaten-jogja kan ?! hmmm,,,kurang ngena kali yah tulisan nya, ckckck

Posting Komentar